EDUKASI PENTINGNYA LITERASI DAN NUMERASI BAGI SISWA SEKOLAH TINGKAT DASAR
DOI:
https://doi.org/10.37367/jpm.v4i1.351Keywords:
literasi, numerasi, edukasi, sekolah dasarAbstract
Edukasi literasi dan numerasi merupakan aspek penting dalam pendidikan anak usia dini. Kemampuan ini menjadi fondasi bagi siswa untuk berkembang dan meraih kesuksesan di masa depan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan di SDN 1 Tawing dengan melibatkan 30 siswa. Edukasi dikemas dalam bentuk seminar interaktif dan penyebaran kuesioner untuk mengukur tingkat pemahaman siswa tentang literasi dan numerasi. Hasil menunjukkan bahwa edukasi yang diberikan menghasilkan respon positif dari siswa. Minat baca dan belajar matematika meningkat, dan tingkat literasi dan numerasi di sekolah menunjukkan peningkatan. Siswa juga termotivasi untuk meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi mereka. Kesimpulannya, edukasi literasi dan numerasi di SDN 1 Tawing memberikan dampak positif pada siswa. Program ini perlu terus dijalankan dan dikembangkan untuk mendukung proses belajar mengajar dan mempersiapkan siswa untuk masa depan yang lebih baik.
References
Ayuningrum, A., Mabruroh, M., & Dewi, R. S. (2023). Analisis Bahan Ajar Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(1), Article 1.
Chasanah, A., Faradiba, S. S., & Ilmi, Y. I. N. (2023). Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa Pada Materi Trigonometri Ditinjau Dari Pengetahuan Metakognitif. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 18(24), Article 24. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/21692
D, D., Khasanah, M., & Putri, A. M. (2021). Penguatan Literasi, Numerasi, Dan Adaptasi Teknologi Pada Pembelajaran Di Sekolah: (Sebuah Upaya Menghadapi Era Digital dan Disrupsi). Eksponen, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i2.381
Hapsari, N. T. M. W. (2023). Inovasi Pembelajaran Matematika Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMKN 1 Surakarta Sebagai Sekolah Pusat Keunggulan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(02), 104–111. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i02.1562
Lubis, M. A. (2022). Literasi Dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Tapanuli Tengah. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), Article 1.
Sadriani, A., Arifin, I., Gh, M., & Ruslan, Z. A. (2023). Peningkatan Literasi dan Numerasi Siswa Melalui Program Pojok Baca di SD Negeri Pampang. Ininnawa : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.26858/ininnawa.v1i1.126
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yelma Dianastiti, Rico Andhika Putra, Wahyu Teja Gumelar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.