Strength Analysis of Structural Design Bogie Frame Kereta Ukur at Normal Service Loads with Finite Element Method

Authors

  • Khairul Anam Basyar Politeknik Negeri Madiun
  • Alfi Tranggono Agus Salim Politeknik Negeri Madiun
  • Indarto Yuwono Politeknik Negeri Madiun
  • Agung Prasetyo Utomo Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Muhammad Zainal Mahfud PT Industri Kereta Api

DOI:

https://doi.org/10.37367/jpi.v6i2.212

Keywords:

bogie frame, normal service, simulation, endurance limit, goodman diagram

Abstract

Bogie frame adalah bagian utama bogie yang menerima beban besar selama beroperasi sehingga diperlukan analisis kekuatan struktur untuk memenuhi syarat kelayakan operasional berdasarkan Peraturan Nomor 33 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Perkeretaapian dan standar EN 13749. Kelayakan operasional menjadi jaminan keselamatan penumpang, operator, maupun penduduk sekitar perlintasan. Fokus penelitian ini adalah analisis kekuatan desain struktur bogie frame kereta ukur jalur LRT Jabodebek terhadap kelayakan operasional. Tujuan penelitian adalah menganalisis tegangan objek penelitian akibat pembebanan normal service dan memastikan nilai tegangan hasil simulasi memenuhi kriteria keberterimaan standar EN 13749. Solusi penelitian adalah pendekatan endurance limit objek penelitian. Nilai tegangan hasil simulasi dianalisis dengan goodman diagram. Data pendukung penelitian dan parameternya dari hasil survei dan wawancara di PT INKA (Persero). Hasil penelitian adalah lokasi element kritis objek penelitian, nilai tegangan element kritis tiap load case, dan plot nilai tegangan element. Objek penelitian belum memenuhi kriteria keberterimaan EN 13749 berdasarkan analisis dengan pendekatan goodman diagram. Satu element kritis pada bracket gearbox melebihi batas keberterimaan akibat load case longitudinal. Amplitudo tegangan element bernilai 157,09 MPa dari batas keberterimaan 155 MPa.  Perubahan ketebalan pipe transform dari 12 mm menjadi 20 mm efektif menurunkan nilai amplitudo tegangan element menjadi 88,41 MPa, sehingga kekuatan desain memenuhi kriteria keberterimaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ANSYS Help Viewer (2017) SHELL63 Element Description.

Berkovits, A. dan Fang, D. (1993) An analytical master curve for Goodman diagram data. International Journal of Fatigue, 15 (3): 173–180. doi:10.1016/0142-1123(93)90174-O.

EN 13749 (2011) EN 13749:2011: Railway applications - Wheelsets and bogies - Method of specifying the structural requirements of bogie frames [Required by Directive 2008/57/EC].

Fahrizal, M. (2016) Analisa Hasil Sambungan Las Metode Pengelasan SMAW Menggunakan Material SA 36 Yang Sebelumnya Terbakar Dengan Suhu 700oC Dan 900oC Selama 4 Jam.

Harrell, C.R. dan Price, R.N. (2000) Simulation modeling and optimization using ProModel. Winter Simulation Conference Proceedings. doi:10.1109/WSC.2000.899717.

JIS E4207 (2004) JIS E4207-2004 Truck frames for rawilway rolling stock - General rules for design.

Li, F., Wu, P., Nie, Y., et al. (2014) Fatigue Evaluation of Railway Vehicle Bogie Frame by Different Methods., (111): 844–852.

Liang-Chuan, P. dan Sen-Loong, P. (2010) Pipe Stress Engineering. Pipe Stress Engineering. doi:10.1115/1.802854.

Logan, D.L. (2016) A first course in the finite element method. Cengage Learning.

Mahfud, M.Z. (2021) Tujuan Simulasi Desain Struktur.

UIC615-4 (2001) UIC 615-4. Analysis, (July): hal. 2–5.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Basyar, K. A., Salim, A. T. A., Yuwono, I., Utomo, A. P., & Mahfud, M. Z. (2022). Strength Analysis of Structural Design Bogie Frame Kereta Ukur at Normal Service Loads with Finite Element Method. Jurnal Perkeretaapian Indonesia (Indonesian Railway Journal), 6(2), 1–12. https://doi.org/10.37367/jpi.v6i2.212

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.