PEMBUATAN DAN SOSIALISASI PENGGUNAAN ALAT BANTU PELEPAS INNER RACE BEARING GENERATOR LOKOMOTIF

Authors

  • Dadang Sanjaya Atmaja Politeknik Perkeretaapian Indonesian Madiun
  • Ilham Utomo Politeknik Perkeretaapian Indonesian Madiun
  • Akbar Zulkarnain Politeknik Perkeretaapian Indonesian Madiun
  • Nanda Ahda Imron Politeknik Perkeretaapian Indonesian Madiun

DOI:

https://doi.org/10.37367/jpm.v3i2.284

Keywords:

genarator, bearing, lokomotif, inner race

Abstract

Tujuan pengabdian ini untuk memberikan kemudahan kepada tenaga perawat lokomotif di golongan kelistrikan khususnya pada pelepasan inner race bearing pada generator lokomotif.  Hal itu dikarenakan Proses pelepasan inner race bearing pada generator lokomotif dengan tenaga manual dapat menyebabkan risiko terhadap keselamatan pekerja maupun pada kecacatan generator tersebut. Metode yang digunakan dalam pengabidan ini berupa perancangan, desain dan manufaktur, serta sosialisasi penggunaan alat dan penyerahan alat kepada Balai Yasa Yogyakarta. Hasil desain dan menufatur alat pelepas inner race bearing pada generator dipraktikan dan diuji di workshop Balai Yasa Yogyakarta. Pengujian ini menggunakan variabel yaitu waktu pelepasan dan efisiensi jumlah tenaga. Pengujian dilakukan sebanyak empat kali dengan jumlah tenaga perawatan yang melakukan perawatan yaitu sejumlah 2 orang dan rata-rata pelepasan adalah 2,8 detik. Alat ini di serahkan kepada Balai Yasa Yogyakarta supaya dapat digunakan untuk memudahkan perawatan lokomotif.

References

Ajeng Tyas Damayanti, I. S. U. (N.D.). Sosialisasi Penggunaan APD Calon Perawat Sarana Perkeretaapian Untuk Meningkatkan K3.

Dani, J. A., Noviyanto, H., Mukti, B., & Nurhidayat, A. (N.D.). Peningkatan Produksi Sapi, Melalui Komunikasi 3 In 1 Dan Rekayasa Mesin Pencacah Pakan.

Handoko, N. A. I. D. M., Perkeretaapian Indonesia Madiun, P., Tirta Raya, J. I., Lor, N., & Madiun, K. (2021). Sosialisasi Keselamatan Di Perlintasan Sebidang Tidak Berpalang Pintu (Studi Kasus: Desa Ngetrep, Kabupaten Madiun). Jurnal Pengabdian Masyarakat, I(2).

Satrio Utomo, I., Tyas Damayanti, A., Sanjaya Atmaja, D., Boedi Wahjono. (2022). Sosialisasi Dan Pemasangan Lampu Jalan Berbasis Sel Surya Di Dusun Dongol Kecamatan Geneng Kab Ngawi (Vol. 2, Issue 1).

Downloads

Published

2023-11-20

How to Cite

Atmaja, D. S., Utomo, I., Zulkarnain, A., & Imron, N. A. . (2023). PEMBUATAN DAN SOSIALISASI PENGGUNAAN ALAT BANTU PELEPAS INNER RACE BEARING GENERATOR LOKOMOTIF. Madiun Spoor : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 18–26. https://doi.org/10.37367/jpm.v3i2.284

Most read articles by the same author(s)