EDUKASI PENERAPAN SUSTAINABLE LIVING DAN WASTE MANAGEMENT MELALUI WORKSHOP CICIL (CIBUNUT CINTA LINGKUNGAN)

Authors

  • Dimas Satria Pramayudha UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
  • Reminta Lumban Batu UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG

DOI:

https://doi.org/10.37367/jpm.v4i1.346

Keywords:

workshop, sustainable living, waste management, Kota Bandung

Abstract

Kota Bandung menghadapi tantangan yang signifikan dalam mengelola sustainable living dan waste management. Keterbatasan sumber daya, pertumbuhan populasi yang cepat, dan perubahan pola konsumsi telah memberikan tekanan pada lingkungan dan meningkatkan volume limbah yang dihasilkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melakukan edukasi mengenai penerapan sustainable living dan waste management melalui lokakarya. Penelitian dan kegiatan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan edukatif melalui kegiatan lokakarya. Penerapan edukasi melalui lokakarya ini melalui praktik pengelolaan sampah organik dan anorganik, praktik pembuatan mikroorganisme lokal, praktik komposting dengan metode bata terawang dan open windrow, serta berkeliling Buruan Sae dan Bank Sampah di Cibunut Berwarna. Hasil dari edukasi melalui lokakarya ini mendapatkan umpan balik yang positif dan menjadi solusi kreatif dalam mengatasi masalah lingkungan yang dihadapi. Melalui partisipasi aktif dalam lokakarya ini, masyarakat diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang memainkan peran penting dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

References

Pramayudha, Dimas Satria. (2023). Laporan Akhir Magang & Studi Independen Bersertifikat.

Mandpe, A., Paliya, S., Gedam, V. V., Patel, S., Tyagi, L., & Kumar, S. (2023). Circular economy approach for sustainable solid waste management: A developing economy perspective. Waste Management & Research, 41(3), 499-511.

Hamidah, N., & Surtikanti, H. K. (2023). Implementasi Education For Sustainable Development (ESD) pada universitas lintas negara terhadap tingkat pengetahuan dan perilaku kesadaran lingkungan mahasiswa. Asian Journal Collaboration of Social Environmental and Education, 1(1).

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Dimas Satria Pramayudha, & Reminta Lumban Batu. (2024). EDUKASI PENERAPAN SUSTAINABLE LIVING DAN WASTE MANAGEMENT MELALUI WORKSHOP CICIL (CIBUNUT CINTA LINGKUNGAN). Madiun Spoor : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 48–53. https://doi.org/10.37367/jpm.v4i1.346

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.