EDUKASI PENGUATAN KARAKTER BAGI SISWA SEKOLAH TINGKAT DASAR

Authors

  • Rico Andhika Putra UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI
  • Yelma Dianastiti UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI
  • Ferry Kurniawan UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI

DOI:

https://doi.org/10.37367/jpm.v4i1.348

Keywords:

pendidikan karakter, siswa sekolah dasar, pemahaman

Abstract

Pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam pendidikan, terutama bagi siswa sekolah dasar. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa tentang pentingnya pendidikan karakter. Kegiatan ini diikuti oleh 70 siswa kelas 5 dan 6 di SDN 1 Moyoketen. Metode yang digunakan meliputi seminar interaktif, presentasi, video animasi, dan kuesioner. Hasil menunjukkan bahwa siswa mendapatkan pemahaman yang baik tentang karakter dan pentingnya nilai-nilai moral.

Mayoritas siswa menunjukkan tingkat kejujuran, toleransi, kepedulian lingkungan, dan kedisiplinan yang tinggi. Namun, beberapa siswa masih perlu dibimbing untuk meningkatkan karakter mereka. Kegiatan ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter perlu diterapkan secara berkelanjutan untuk membentuk generasi muda yang bermoral dan bertanggung jawab.

References

Insani, N., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar dalam Upaya Menghadapi Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8937–8941. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2402

Kurniasari, N. (2020). Nilai Tambah Lulusan Pendidikan Nonformal Studi Komunikasi Pendidikan pada PKBM Ristek Nusantara Jaya Jakarta. ABDIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.53008/abdimas.v1i1.26

Levels, M., van der Velden, R., & Di Stasio, V. (2014). From school to fitting work: How education-to-job matching of European school leavers is related to educational system characteristics. Acta Sociologica, 57(4), 341–361. https://doi.org/10.1177/0001699314552807

Mustoip, S., Ghozali, M. I. A., As, U. S., & Sanhaji, S. Y. (2023). Implementation of Character Education through Children’s Language Development in Elementary Schools. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 6(2), 91–100. https://doi.org/10.31764/ijeca.v6i2.14192

Putra, R. A., Widiyanti, W., & Sutadji, E. (2020). Keterampilan Berkomunikasi dan Berkolaborasi untuk Mempersiapkan Lulusan Siswa SMK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(8), 1072. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13877

Shoimah, L., Sulthoni, S., & Soepriyanto, Y. (2018). Menanamkan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Sekolah. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), Article 2.

Sofiasyari, I., Atmaja, H. T., & Suhandini, P. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar di Era 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2(1), Article 1.

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Andhika Putra, R., Dianastiti, Y., & Kurniawan, F. (2024). EDUKASI PENGUATAN KARAKTER BAGI SISWA SEKOLAH TINGKAT DASAR. Madiun Spoor : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 65–69. https://doi.org/10.37367/jpm.v4i1.348

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.