Pemahaman Magnetik pada Pelajaran Tematik di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37367/jpm.v1i2.179Keywords:
Magnetik, Tematik, Sekolah DasarAbstract
Belajar adalah satu kegiatan interaksi proses dari secara kondisi disekitar peserta didik. Seperti proses pengarahan untuk pencapaian tujuan dan proses melakukan perbuatan melalui pengalaman yang diciptakan diartikan pada belajar. Pengukuran / penilaian merupakan mencapai kompetensi. Penggunaan magnet dalam kehidupan sekarang ini tidak dapat dipungkiri. Sejak awal, penelitian dan pemahaman tentang magnet telah menghasilkan berbagai produk yang bermanfaat bagi umat manusia.. Motor listrik, generator listrik, satelit, lampu, perangkat pengangkat dan penarik benda logam pada pesawat angkat, hingga kereta api cepat adalah beberapa contoh penerapan magnet. Untuk memahami kemagnetan bagi siswa sekolah dasar dan penggunaan magnet, perlu dipahami siswa sekolah dasar. Hal ini bertujuan untuk pemahaman yang lebih baik tentang fungsi dan penggunaan magnet di sekitar kita dan pemahaman yang lebih baik sejak usia dini. Berdasarkan data survei, setelah kegiatan pengabdian masyarakat, pemahaman siswa banyak yang meningkat Berdasarkan data, bisa diketahui yang sebelum dilakukan pengabdian masyarakat adalah 70% siswa belum memahami tentang magnetik dan setelah melakukan kegiatan pengabdian masyarakat tentang pemahaman magnetik siswa SD di pelajaran tematik bisa diketahui 20% siswa belum memahami tentang magnetik, 46% memahami tentang magnetic dan 34% siswa sangat memahami tentang magnetik
References
[2] Waris, Abdul, dkk. Pengembangan Alat Praktikum Sederhana Konsep Listrik Magnet untuk Siswa SMP Daerah Terpencil. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) Vol 3, No 2 (2015): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako Universitas Tadulako
[3] Sadiman, Hasan Mahfud. Peningkatan Pemahaman Materi Magnet Melalui Penerapan Model Poe Dalam Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 5, No 2 (2019): JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan. Universitas Sebelas Maret
[4] Mustikasari, Yuyun Dwi. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Gaya Magnet Melalui Model Student Teams Achievement Division Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri 02 Loning Kabupaten Pemalang. Journal of Elementary Education Vol 3 No 1 (2014). Journal of Elementary Education
[5] Dermawan, Fajar Satrio, dkk. Pengaruh Tipe Nht Terhadap Hasil Belajar Konsep Magnet Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa Vol 8, No 6 (2019): JUNI 2019. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa