Elastisitas Jasa Kereta Api Bandara Kualanamu (Airport Railink Service)
DOI:
https://doi.org/10.37367/jpi.v2i1.23Kata Kunci:
elastisitas, kereta api, bandara internasional kualanamuAbstrak
Pada 25 Juli 2013, Indonesia untuk pertama kalinya menyediakan layanan jalur kereta api dari dan ke bandara. Ini terutama dioperasikan dari dan ke Bandara Internasional Kualanamu (KNIA), Deli Serdang, Sumatera Utara, yang juga dioperasikan untuk pertama kalinya pada tanggal itu. Mengelola layanan jalur kereta api bandara, sebuah perusahaan swasta yaitu PT. Railink pada dasarnya adalah anak perusahaan dari PT. Angkasa Pura II (Persero) dan PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Harga tiket kereta api, pada kenyataannya, semakin tinggi seiring berjalannya waktu. Tercatat bahwa harga tiket telah meningkat dari Rp 80 ribu menjadi Rp 100 ribu sejak 15 Januari 2015. Mengenai situasi ini, penelitian ini dilakukan untuk menyelidiki elastisitas permintaan layanan jalur kereta api bandara dari dan ke Bandara Internasional Kualanamu serta faktor-faktornya. dalam mengambil jalur kereta api bandara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permintaan layanan jalur kereta api bandara sebagai dampak dari kenaikan harga tiket tidak elastis karena nilai elastisitasnya mencapai -0,38. Hasil lainnya, selain itu, menemukan enam alasan yang memengaruhi orang untuk menggunakan jalur kereta api bandara: kenyamanan, ketepatan waktu, kecepatan atau waktu perjalanan, kepraktisan, akses ke stasiun kereta, dan tarif mode lainnya.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Usulan Kebijakan untuk Jurnal yang Menawarkan Akses Terbuka.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
a. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
b. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
c. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
2. Usulan Kebijakan untuk Jurnal yang Menawarkan Akses Terbuka Tertunda
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama, dengan karya [SPESIFIKASI PERIODE WAKTU] setelah publikasi secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam hal ini jurnal.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).