PEMBUATAN DAN PEMASANGAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA BAGI MASYARAKAT SEKITAR POLITEKNIK PERKERETAAPIAN INDONESIA MADIUN

Authors

  • Arief Darmawan Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun
  • Akhwan Akhwan Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun
  • Hana Wardani Puruhita PPI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.37367/jpm.v3i1.242

Keywords:

solar power plant, solar panels, saving electrical energy

Abstract

Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat di sekitar Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun dengan judul “Pembuatan dan Pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya bagi masyarakat sekitar Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun” bertujuan untuk Membuat, merakit, dan memasang pembangkit listrik tenaga surya dengan panel supaya objek pengabdian masyarakat tidak mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari sebagai penjual warung makan kecil, serta menghemat energi. Pada kegiatan ini diharapkan supaya objek pengabdian masyarakat (yaitu pemilik warung makan-Bu Legi) dapat dengan mudah menyalakan listrik sebagai penerang warung. Dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat, tim terlebih dahulu survei lokasi yang akan dituju, kemudian memberikan surat ijin resmi. Sebelumnya, seluruh tim menyiapkan bahan dan materi yang akan dirakit dan dipasang. Pada saat pelaksanaan, tim langsung memasang hasil rakit panel surya di sebelah utara warung. Kegiatan pembuatan dan pemasangan pembangkit listrik tenaga surya berjalan dengan lancar, berhasil, serta seluruh tim dan objek pengabdian masyarakat datang dan berterimakasih.

References

Aini, Nur. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Panel Surya. Redaksi Haloedukasi (https://haloedukasi.com/kelebihan-dan-kekurangan-panel-surya, diakses pada 8 September 2022).

Amien Rahardjo, Herlina dan Husni Safruddin. (2008). " Optimalisasi Pemanfaatan Sel Surya Pada Bangunan Komersial Secara Terintegrasi Sebagai Bangunan Hemat Energi ", Lampung, Universitas Lampung.

Cakrawala. (2021). Panel Surya dan Bagian-bagiannya. Gesainstech (https://www.gesainstech.com/2021/09/bagian-bagian-utama-panel-surya.html, diakses pada 8 September 2022).

Google maps, Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun (https://www.google.co.id/maps/ lokasi PPI Madiun pada 6 September 2022).

Teknik Elektro UMY. (2021). System kerja panel surya. (https://elektro.umy.ac.id/apa-dan-bagaimana-sistem-kerja-panel-surya/, diakses pada 8 September 2022).

Umsu Repository. (2022). Daya Energi Listrik (http://repository.umsu.ac.id/bitstream/handle/123456789/19912/Skripsi_Fajar%20Yusuf.pdf?sequence=1, diakses pada 8 September 2022).

Wikipedia, panel surya (https://id.wikipedia.org/wiki/Panel_surya pada 6 September 2022).

Downloads

Published

2023-05-10

How to Cite

Darmawan, A. ., Akhwan, A., & Puruhita, H. W. (2023). PEMBUATAN DAN PEMASANGAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA BAGI MASYARAKAT SEKITAR POLITEKNIK PERKERETAAPIAN INDONESIA MADIUN. Madiun Spoor : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.37367/jpm.v3i1.242

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)