SOSIALISASI KONSEP RUMAH TINGGAL HEMAT ENERGI

Authors

  • Hana Wardani Puruhita PPI Madiun
  • Ahmad Ependi Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun
  • Adya Aghastya Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun
  • Titiek Masdini Agustriana Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun
  • Sachiko Mawaddah Lestari Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun
  • Ainun Fikria Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun

DOI:

https://doi.org/10.37367/jpm.v3i1.243

Keywords:

residential houses, buildings, energy saving

Abstract

Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat di perumahan Puro Asri Sragen dengan judul “Sosialisasi Konsep Rumah Tinggal Hemat Energibertujuan untuk memperkenalkan kepada seluruh masyarakat untuk dapat mengerti pentingnya hemat energy bagi hunian untuk tempat tinggal serta menginformasikan cara/langkah yang dilakukan dalam upaya pelaksanaan hemat energi. Pada kegiatan ini diharapkan supaya masyarakat dapat menangkap materi-materi dan melaksanakan program hemat eenergi rumah tinggal, dengan upaya adanya persiapan materi yang ringkas dan jelas, didukung dengan SDM yang berkualitas karena merupakan dosen Teknik sipil murni. Dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat, tim terlebih dahulu survei lokasi yang akan dituju, kemudian memberikan surat ijin resmi. Sebelumnya, seluruh tim menyiapkan bahan dan materi yang akan diberikan dalam bentuk buku. Pada saat pelaksanaan, tim memberikan informasi ilmu dasar mengenai definisi hemat energy hingga cara/langkah merealisasikan tujuan hemat energy pada masing-masing rumah tinggal. Kegiatan sosialisasi berjalan dengan lancar, seluruh peserta antusias mendengarkan sosialisasi serta memberikan respon aktif. Buku materi diterima oleh seluruh peserta, dan ada satu peserta yang telah melaksanakan seluruh rangkaian konsep rumah tinggal hemat energi sehingga tim memberikan pernghargaan/apresiasi. Setelah selesai dilakssanakan sosialisasi, seluruh peserta memahami konsep yang benar mengenai rumah tinggal hemat energi, dan berkomitmen untuk melakukan serta sharring knowledge kepada masyarakat sekitar.

References

Aripriharta, B. Rahardjo. (2008). Analisis BesarPotensi Penghematan Energi pada kasusKelistrikan Rumah Tangga yang Menerapkan Sistem Manajemen Energi Moden On-Deman.Jurmal tekno 9(1): 36-46.

Detik.com. (2021). Energi alternatif (https://finance.detik.com/energi/d-5723223/energi-alternatif-pengertian-contoh-serta-keuntungan-dan-kerugiannya/2, diakses pada 10 Juni 2022).

Elyza, R. (2004). Menghemat Energi Pada Industri Perhotelan: Mungkinkah?http://www.pelangi.or.id, diakses pada 6 Juni 2022.

Kementerian Energi dan SumberdayaMineral. (2018). Diskripsi Umum KonservasiEnergi. (https://lintasebtke.com/deskripsi-umum-konservasi-energi/?lang=id, diakses pada 10 Juni 2022).

Merdeka.com. (2017). Flores merupakan pusat energi panas bumi (https://www.merdeka.com/uang/punya-16-titik-flores-dinilai-layak-jadi-pusat-energi-panas-bumi.html, diakses pada 10 Juni 2022).

Penghematan Listrik Rumah Tangga dalam Menunjang Kestabilan Energi Nasional dan Kelestarian Lingkungan. Available from: (https://www.researchgate.net/publication/337390606_Penghematan_Listrik_Rumah_Tangga_dalam_Menunjang_Kestabilan_Energi_Nasional_dan_Kelestarian_Lingkungan, diakses pada 6 Juni 2022).

Wikipedia, penghematan energi listrik, (https://id.wikipedia.org/wiki/Penghematan_energi diakses pada 8 Juni 2022).

Downloads

Published

2023-05-10

How to Cite

Puruhita, H. W., Ependi, A. ., Aghastya, A., Agustriana, T. M. ., Lestari, S. M. ., & Fikria, A. (2023). SOSIALISASI KONSEP RUMAH TINGGAL HEMAT ENERGI. Madiun Spoor : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.37367/jpm.v3i1.243

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>