Peran Sistem Kendali Berbasis Komunikasi dan Automatic Train Protection pada Kereta Perkotaan dan Jarak Jauh

Authors

  • Antoni Sugianto Sitorus Kementerian Komunikasi dan Informatika
  • Budi Sitorus Kementerian Perhubungan
  • Christina Natalia Sitorus IDI Kota Bekasi
  • Tulus Irpan Sitorus Kementerian Perhubungan

DOI:

https://doi.org/10.37367/jpi.v6i1.192

Keywords:

Keselamatan Kereta Api; sistem komukasi radio digital; Teknologi Perkeretaapian Indonesia

Abstract

Keselamatan  perjalanan kereta  api menjadi indikator utama pelayanan transportasi publik. Kemajuan teknologi perkeretaapian di berbagai negara membawa perubahan bagi perkertaapian di Indonesia agar perjalanan kereta api semakin terjamin, melalui peningkatan sistem komunikasi suara maupun komunikasi data dan  pemasangan  Automatic  Train  Protection (ATP). Kebutuhan ATP perkeretaapian belum terpenuhi karena biaya relatif mahal dan komunikasi yang digunakan melalui radio analog frekuensi VHF dengan banyak kanal. Hasil penelitian adalah sistem komunikasi kereta api menggunakan radio  analog  frekuensi  VHF  (150-174)  dengan  banyak kanal frekuensi dapat ditingkatkan menggunakan Digital Mobile Radio (DMR) Tier III dan/atau Tetra, pemasangan ATP untuk kereta komuter dan jarak jauh terus diupayakan, penggunaan RAMS menilai produk maupun keselamatan untuk segera dapat digunakan oleh Regulator maupun Operator

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditianata. (2014). Fenomena Tata Guna Lahan , Perumahan dan Transportasi dalam Perkembangan Kota-Kota Besar (Kasus : Kota Surabaya Dan Metropolitan GKS Plus). Jurnal Planesa, 5(1), 36–44.

Asmoko, H. (2014). Pengembangan Kepemimpinan Transformasional dan Peran Diklat Kepemimpinan Pola Baru. Balai Diklat Kepemimpinan Magelang, 1, 1–9.

Astalini, A., Maison, M., Ikhlas, M., & Kurniawan, D. A. (2018). the Development of Students Attitude Instrument Towards Mathematics Physics Class. Edusains, 10(1), 46–52. https://doi.org/10.15408/es.v10i1.7213

Badan Pusat Statistik. (2021). Penumpang Kereta Jawa dan Sumatera Turun 2,03% pada Juni 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/30/penumpang-kereta-jawa-dan-sumatera-turun-203-pada-juni-2021#:~:text=Secara kumulatif%2C jumlah penumpang kereta,sebesar 186%2C1 juta orang.

Barabadi, A., Tobias Gudmestad, O., & Barabady, J. (2015). RAMS data collection under Arctic conditions. Reliability Engineering & System Safety, 135, 92–99. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ress.2014.11.008

Biro Komunikasi dan Informasi Publik. (2012a). Directorate General of Railway Transportation Tested ATP. http://dephub.go.id/post/read/ditjen-perkeretaapian-ujicobakan-atp-10635?language=id

Biro Komunikasi dan Informasi Publik. (2012b). Penyebab Kecelakaan Kereta Api Didominasi Human Error. http://dephub.go.id/welcome/readPost/penyebab-kecelakaan-kereta-api-didominasi-human-error-15056

Compare, M., Martini, F., & Zio, E. (2015). Genetic algorithms for condition-based maintenance optimization under uncertainty. European Journal of Operational Research, 244(2), 611–623. https://doi.org/10.1016/j.ejor.2015.01.057

Dihni, V. A. (2021). Penumpang MRT Jakarta Meningkat 237% pada September 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/30/penumpang-mrt-jakarta-meningkat-237-pada-september-2021

Evans, A. W. (1996). The economics of automatic train protection in Britain. Transport Policy, 3(3), 105–110. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/0967-070X(96)00015-7

Hashina, N. H. (2022). Dampak Modernisasi Transportasi Darat dan Sejarah Perkembangan. https://tirto.id/dampak-modernisasi-transportasi-darat-dan-sejarah-perkembangan-gbjm

Hennes, R. G. (1969). Fundamentals of transportation engineering. McGraw-Hill.

Hidayat, N. A., Usman, U. K., & Indrayanto, A. (2016). Analisis Performansi Teknologi Radio Trunking Digital Studi Kasus PT Pelindo II Tanjung Priok Jakarta Utara. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi), 1–7.

Kamaluddin, R., & Krisnawati, L. (2003). Ekonomi transportasi : karakteristik, teori, dan kebijakan. Ghalia Indonesia.

Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian. (2021). Buku Statistik Bidang Perkeretaapian Semester 1 Tahun 2021.

Kementerian Perhubungan Ditjen Perkeretaapian. (2011). Rencana Induk Perkeretaapian Nasional (PM No.43 Tahun 2011). In Rencana Induk Perkeretaapian Nasional (Issue 8).

Kim, M., Kim, M., Kim, D., & Lee, J. (2012). Analysis of Distance between ATS and ATP Antenna for Normal Operation in Combined On-board Signal System. International Journal of Railway, 5(2), 77–83. https://doi.org/10.7782/ijr.2012.5.2.077

Len Industry. (2021). SiLVue Len Industri, Persinyalan Kereta Produk Indonesia. https://www.len.co.id/silvue-len-industri-persinyalan-kereta-produk-indonesia/

Lundteigen, M. A., Rausand, M., & Utne, I. B. (2009). Integrating RAMS engineering and management with the safety life cycle of IEC 61508. Reliability Engineering & System Safety, 94(12), 1894–1903. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ress.2009.06.005

Martorell, S., Sanchez, A., & Carlos, S. (2007). A tolerance interval based approach to address uncertainty for RAMS+C optimization. Reliability Engineering & System Safety, 92(4), 408–422. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ress.2005.12.013

Menteri Perhubungan Republik Indonesia. (2015). Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 24 Tahun 2015.

Menteri Perhubungan Republik Indonesia. (2018). Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No PM 45 Tahun 2018 Tentang Persayaratan Teknis Peralatan Telekomunikasi Perkeretaapian.

Miro, F., & Hardani, W. (2005). Perencanaan transportasi untuk mahasiswa, perencana, dan praktisi. Erlangga.

Nikitin, A., Manakov, A., Kushpil, I., Kostrominov, A., & Osminin, A. (2020). On the issue of using digital radio communications of the DMR standard to control the train traffic on Russian railways. 2020 IEEE East-West Design and Test Symposium, EWDTS 2020 - Proceedings, 1–6. https://doi.org/10.1109/EWDTS50664.2020.9224707

Siregar, R. A. (2020). 2 Tahun Beroperasi, LRT Palembang Angkut 5,1 Juta Penumpang. https://news.detik.com/berita/d-5105183/2-tahun-beroperasi-lrt-palembang-angkut-51-juta-penumpang

Subarkah, T. (2019). Modal Share Angkutan Umum 2020 Jadi 35,6%. https://mediaindonesia.com/megapolitan/275174/modal-share-angkutan-umum-2020-jadi-356

Tamtomo, A. B. (2019). INFOGRAFIK: Fakta Seputar LRT Jabodebek yang Beroperasi 2021. https://www.kompas.com/tren/read/2019/10/15/200500265/infografik--fakta-seputar-lrt-jabodebek-yang-beroperasi-2021

Torres-Echeverría, A. C., Martorell, S., & Thompson, H. A. (2009). Design optimization of a safety-instrumented system based on RAMS+C addressing IEC 61508 requirements and diverse redundancy. Reliability Engineering & System Safety, 94(2), 162–179. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ress.2008.02.010

Wijaya, I., Malkhamah, S., & Subarmono. (2015). Kajian Automatic Train Protection (ATP) untuk Meningkatkan Keselamatan Perkeretaapian. Universitas Gadjah Mada.

Young, T., & Naweed, A. (2017). The Impact of ATP on Ways of Working in Australian Rail: Preliminary Findings from the Driver Perspective. Contemporary Ergonomics and Human Factors 2017, May. https://publications.ergonomics.org.uk/uploads/The-Impact-of-Automatic-Train-Protection-on-Ways-of-Working-in-Australian-Rail-Preliminary-Findings-from-the-Driver-Perspective.pdf

Published

2022-07-12

How to Cite

Sitorus, A. S., Sitorus, B., Sitorus, C. N., & Sitorus, T. I. (2022). Peran Sistem Kendali Berbasis Komunikasi dan Automatic Train Protection pada Kereta Perkotaan dan Jarak Jauh. Jurnal Perkeretaapian Indonesia (Indonesian Railway Journal), 6(1), 14–23. https://doi.org/10.37367/jpi.v6i1.192

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.